Alkindo terus bertumbuh

ALKINDO TERUS BERTUMBUH

Bandung, 28 Juni 2012

Di tahun 2011, PT Alkindo Naratama Tbk (Perseroan) memulai sejarah barunya dengan mencatatkan diri sebagai Perusahaan Terbuka di lantai Bursa dengan menjual sebagian sahamnya kepada masyarakat. Sekarang kepemilikan masyarakat tercatat sebesar 27,27% atau 150.000.000 lembar dari keseluruhan saham yang beredar.

Tahun 2011, perekonomian Indonesia menunjukan pertumbuhan yang baik ditunjang dengan dukungan fundamental yang baik pula. Dapat kita lihat dari pertumbuhan ekonomi yang mencapai 6,5%. Hal ini tentunya memberikan hal yang positif kepada Perseroan. Di tahun 2011, penjualan Perseroan tumbuh sebesar 11% dibanding tahun sebelumnya. Dalam operasi dengan level skala ekonomi, Perseroan berhasil membukukan peningkatan laba bersih setelah efek penyesuaian proforma sebesar 47% dibanding tahun lalu.

Penjualan meningkat dari Rp 220,8 miliar di tahun 2010 menjadi Rp 244,8 miliar di tahun 2011 atau bertumbuh sebesar 11%. Hal ini terutama disebabkan oleh meningkatnya kuantitas penjualan produk Perseroan dan entitas anak. Penjualan ekspor berhasil meningkat sebesar 32% dan penjualan lokal bertumbuh sebesar 8%.

Aset meningkat sebesar 22% dari tahun 2010 sebesar Rp 134,6 miliar menjadi RpĀ 164,5 miliar di tahun 2011. Hal ini disebabkan salah satunya karena peningkatan di aset tetap sebagai bagian dari strategi untuk memperluas kapasitas produksi dan diversifikasi produk.

Kewajiban turun sebesar 1% dari tahun 2010 sebesar Rp 83,8 miliar menjadi Rp 82,7 miliar di tahun 2011 atau berkurang sebesar Rp 1,1 miliar. Hal ini disebabkan karena penggunaan dana dari hasil penawaran saham ke publik (Intial Public Offering) adalah untuk membayar hutang bank.

Pada tanggal 28 Juni 2012, Perseroan telah mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) dan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB). Dalam RUPST telah disetujui:

  1. Laporan Direksi perihal jalannya pengurusan Perseroan dan hasil-hasil yang telah dicapai selama tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2011 serta rencana kerja untuk tahun 2012
  2. Laporan Direksi perihal Neraca dan perhitungan Rugi Laba tahun buku Perseroan yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2011 yang telah diperiksa oleh Akuntan Publik; dan
  3. Pemberian kuasa kepada Direksi Perseroan untuk menunjuk kantor Akuntan Publik yang akan mengaudit laporan keuangan Perseroan untuk tahun buku yang berjalan dan berakhir pada tanggal 31 Desember 2012.

Sedangkan dalam RUPSLB telah disetujui:

  1. Untuk menjaminkan seluruh atau sebagian besar aset Perseroan sehubungan dengan pinjaman yang akan diperoleh Perseroan dari bank atau kreditur lain;
  2. Persetujuan perubahan anggota dewan komisaris Perseroan, sehingga menjadi sebagai berikut:
    Komisaris Utama : Lili Mulyadi Sutanto
    Komisaris : Irene Sastroamijoyo
    Komisaris Independen : Drs Gunaratna Andytanusasmita

Perseroan sebagai perusahaan terbuka yang sahamnya dimiliki oleh masyarakat akan selalu berusaha untuk meningkatkan kinerja baik secara operasional maupun finansial sebagai tanggung jawab kepada pemegang saham. Oleh karena itu, Perseroan memandang penting hal-hal dibawah ini yang akan selalu menjadi landasan untuk dilakukan dimasa yang akan datang:

  1. Efisiensi di segala bidang, sehingga Perseroan dapat menjalankan operasionalnya untuk mencapai hasil yang optimal dengan biaya yang terukur
  2. Terus menerus melakukan inovasi untuk menghasilkan produk yang memberikan nilai tambah, efisiensi, ramah lingkungan, dan harga yang terjangkau untuk memenuhi kebutuhan industri dari konsumen Perseroan
  3. Terus mencari alternatif pembiayaan yang lebih murah
  4. Peningkatan kemampuan sumber daya manusia sehingga dapat memberikan andil yang besar bagi kemajuan kinerja Perseroan
  5. Dan yang terpenting adalah dari setelah secara paralel melakukan keempat hal diatas, Perseroan mampu meningkatkan penjualan Perseroan baik dengan terus meningkatkan penjualan produk unggulan kami, menjual produk varian yang baru maupun mencari konsumen baru sehingga memberikan hasil yang optimum kepada kinerja Perseroan khususnya kinerja keuangan Perseroan.

Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan hubungi Kuswara (Corporate Secretary) di 022 70724459 atau email ke kuswara@alkindo.co.id.

back