Alkindo - Growth Through Diversivication

ALKINDO – GROWTH THROUGH DIVERSIVICATION

Bandung, 18 Juni 2013

Tahun 2012, perekonomian Indonesia menunjukan pertumbuhan yang baik ditunjang dengan dukungan fundamental yang baik pula. Dapat kita lihat dari pertumbuhan ekonomi yang mencapai 6,5%. Hal ini tentunya memberikan hal yang positif kepada Perseroan. Di tahun 2012, penjualan Perseroan tumbuh sebesar 14% dibanding tahun sebelumnya. Dalam operasi dengan level skala ekonomi, Perseroan berhasil membukukan peningkatan laba bersih sebesar 52% dibanding tahun lalu.

Penjualan bersih meningkat sebesar 14% yaitu dari 244 miliar di tahun 2011 menjadi 279 miliar di tahun 2012. Hal ini terutama disebabkan oleh meningkatnya penjualan lokal Perseroan dan meningkatnya penjualan dari entitas anak. Penjualan ekspor berkontribusi 12% dari total penjualan.

Aset mengalami kenaikan sebesar 12% dari 164 miliar di tahun 2011 menjadi 184 miliar di tahun 2012. Hal ini terutama disebabkan oleh penambahan aktiva tetap untuk meningkat produksi Perseroan. Liabilitas mengalami kenaikan sebesar 9% dari 82 miliar di tahun 2011 menjadi 90 miliar di tahun 2012. Melalui pengelolaan yang baik, kenaikan liabilitas tidak signifikan.

Pada tanggal 18 Juni 2013, Perseroan telah mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST). Dalam RUPST telah disetujui:

  1. Menyetujui untuk menerima baik Laporan Tahunan Direksi Perseroan perihal jalannya Pengurusan Perseroan dan hasil-hasil yang telah dicapaikan selama tahun buku yang berakhir pada tanggal 31-12-2012 (tigapuluh satu Desember duaribu duabelas) serta Rencana Kerja perseroan untuk tahun buku 2013 (duaribu tigabelas)
  2. Menyetujui dan mengesahkan laporan direksi perihal Neraca dan perhitungan rugi laba tahun buku perseroan yang berakhir pada tanggal 31-12-2012 (tigapuluh satu Desember duaribu duabelas), sebagaimana termaktub dalam Laporan Tahunan Keuangan perseroan per tanggal 31-12-20112 (tigapuluh satu Desember duaribu duabelas), yang telah diaudit oleh Kantor Akuntan Publik Anwar & Rekan sesuai dengan Laporan Nomor : AR/L-090/13 Tanggal 25-03-2013 (duapuluh lima Maret duaribu tigabelas) dengan pendapat ”wajar tanpa pengecualian dalam semua hal yang material” serta memberikan pelunasan dan pembebasan tanggung jawab (acquit et de charge) kepada para anggota Direksi dan Komisaris perseroan atas tindakan pengurusan dan pengawasan yang telah dijalankan selama tahun buku 2012 (duaribu duabelas).
  3. Menyetujui untuk memberikan wewenang dan kuasa kepada Direksi Perseroan untuk menentukan dan menunjuk Kantor Akuntan Publik yang akan melakukan audit laporan keuangan perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31-12-2013 (tigapuluh satu Desember duaribu tigabelas).

Perseroan sebagai perusahaan terbuka yang sahamnya dimiliki oleh masyarakat akan selalu berusaha untuk meningkatkan kinerja baik secara operasional maupun finansial sebagai tanggung jawab kepada pemegang saham. Oleh karena itu, Perseroan memandang penting hal-hal dibawah ini yang akan selalu menjadi landasan untuk dilakukan dimasa yang akan datang:

  1. Efisiensi di segala bidang, sehingga Perseroan dapat menjalankan operasionalnya untuk mencapai hasil yang optimal dengan biaya yang terukur
  2. Terus menerus melakukan inovasi untuk menghasilkan produk yang memberikan nilai tambah, efisiensi, ramah lingkungan, dan harga yang terjangkau untuk memenuhi kebutuhan industri dari konsumen Perseroan
  3. Terus mencari alternatif pembiayaan yang lebih murah
  4. Peningkatan kemampuan sumber daya manusia sehingga dapat memberikan andil yang besar bagi kemajuan kinerja Perseroan
  5. Secara dinamis dan kreatif mempelajari dan melakukan diversifikasi produk, target market dan membuka peluang untuk melakukan akuisisi lini bisnis baru

Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan hubungi Kuswara (Corporate Secretary) di 022 70724459 atau email ke kuswara@alkindo.co.id.

back